Kamis, 21 Juni 2012

10. Subhanallah, Akhirnya Antonius Widuri Masuk Islam.

Subhanallah, Akhirnya Antonius Widuri Masuk Islam

SAMBUTAN SDR. ANTONIUS MUSLIM WIDURI.


Assalaamu’alaikum Wr. Wb. Bapak Kyai Bahaudin Mudhary dan saudara-saudara yang kami muliakan, saudara-saudara yang telah ikut serta menyaksikan pertemuan (diskusi) antara Bapak Kyai Bahaudin Mudhary dengan kami, antara seorang Islam dan Kristen Roma Katolik yang telah berlangsung selama beberapa malam yang diakhiri masuknya saya dalam agama Islam, ajaran agama Allah SWT. Yang Maha Tunggal, menjadi penganut ajaran Nabi Muhammad SAW, maka dengan ini kami menyatakan syukur kehadirat Allah SWT dan terima kasih yang sebesar-besarnya kami haturkan kepada Bapak Kyai Bahaudin Mudhary yang memberikan waktunya selama beberapa malam, yang membawa manfaat kepada kita bersama.

Di samping itu kami harus mengakui pula, selama diskusi berlangsung dengan tertib dan lancar, kami merasa kagum atas keterangan-keterangan dan penjelasan-penjelasan dari Bapak Kyai Bahaudin Mudhary.
Kagum kami rasakan oleh karena beliau hafal di luar kepala tentang ayat-ayat Bibel dan logika yang digunakan oleh beliau adalah logika debat, jujur dan obyektif dan diikuti pula penjelasan-penjelasan ilmiah yang kesemuanya itu tak mungkin ditolak oleh akal dan jiwa yang sadar untuk membuktikan kesadaran lahir dan batin, mengetuk dan membuka jiwa kami dan akhirnya membawa keyakinan kami kepada agama Islam.
Saudara-saudara menyaksikan sendiri, bahwa kami menjadi pemeluk dan penganut agama Islam, adalah bukan karena paksaan, bukan karena pengaruh dari siapapun, bukan karena tekanan, bukan karena keadaan, bukan karena ada maksud yang lain dan bukan karena ajakan, diminta atau meminta, melainkan adalah dari hasil pertemuan, pertumbuhan dari hasil diskusi dengan tujuan mencari kebenaran dan keyakinan beragama.
Kebenaran dan keyakinan beragama yang kami miliki sekarang ini, adalah hasil dari penelitian dan penyelidikan serta pertimbangan-pertimbangan dari hasil diskusi yang menggunakan waktu tidak sedikit berlangsung beberapa malam lamanya. Dan disamping itu pula kami menggunakan kitab-kitab agama maupun kitab-kitab lainnya dan majalah-majalah yang senantiasa memuat artikel-artikel tentang agama Kristen, yang ikut membantu kami dalam meneliti ajaran ajaran agama Islam, bukan karena ikut-ikutan melainkan dengan penyelidikan, penelitian dan pertimbangan-pertimbangan dengan mempergunakan waktu yang tidak sedikit sebagaimana saudara-saudara telah menyaksikan sendiri. Malah bagi saudara-saudara yang mengikuti “diskusi” dari mulai sampai pada malam ini, saudara-saudara menyaksikan sendiri betapa gigihnya kami mempertahankan keyakinan kami selaku pemeluk agama Kristen Roma Katolik dalam pertemuan itu. Namun kegigihan kami itu lama-lama menjadi pudar setelah dikikis sedikit demi sedikit oleh Bapak Kyai Bahaudin Mudhary. Beliau hanya menggunakan Kitab Bibel untuk menghadapi sanggahan-sanggahan kami. Namun akhirnya kami sendiri yang menyerah. Tidak salah kalau beliau pernah menyinggung dengan ucapan “senjata makan tuan”. Kami akhiri sampai di sini saja dan selanjutnya kami mohon dengan hormat, sudi bapak-bapak dan saudara-saudara memberikan bimbingan kepada kami yang masih hijau dalam ajaran-ajaran Islam.
Dengan bimbingan bapak-bapak dan saudara-saudara itu pasti akan membawa kami menjadi pemeluk agama Islam yang setia, taat, taqwa sehingga kelak dihadapkan Alloh SWT.
Sekali lagi kami menghaturkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

SAMBUTAN KH. BAHAUDIN MUDHARY


Assalaamu’alaikum Wr. Wb. saudara-saudara, Kami bersyukur kehadirat Alloh SWT. diikuti panjatan do’a semoga Saudara Antonius Muslim Widuri selaku pemeluk Islam menambah ilmu pengetahuan tentang keislaman sehingga dapat juga ikut serta melakukan da’wah Islamiyah di kemudian hari.
Kami menyatakan terima kasih kepada:
  1. Saudara Markan dengan keikhlasannya mendampingi Saudara Antonius Muslim Widuri memberikan penjelasan-penjelasan selam diskusi berlangsung. Dan disamping itu, Saudara Markan dengan foto tustelnya telah mengabadikan diskusi ini selaku kenang-kenangan.
  2. Saudara Abd. Latif, Stenograf berijazah, yang telah mencatat, membuat weslag, naskah, sejak dari mula pertama kali hingga diskusi ini berakhir.
  3. Saudara Suroto yang memberikan bantuannya berupa tape recorder.
  4. Saudara-saudara pengurus Yayasan Pesantren Sumenep dan saudara-saudara yang telah menyaksikan walaupun diskusi ini sengaja kami tidak dengan undangan malah oleh kami direncanakan dengan cara bersembunyi (tertutup), hanya pertemuan biasa pribadi dengan pribadi saja, akan tetapi oleh karena saudara-saudara mungkin mendengar selentingan kabar lalu ingin menyaksikan.
Syukur diskusi ini berlangsung dengan lancar dan tertib, disebabkan bantuan saudara-saudara.
  1. Saudara A. Zainudin dengan ikhlas telah menyediakan tempat dan sekedar penawar haus.
  2. Saudara A. Rofiq dan Saudara Muhd. Nawir Rasyidi dengan ikhlas pula telah menyediakan santapan sekedar selamatan. Semoga amal-amal Saudara yang kami sebutkan, dikaruniai ganti lipat ganda dari Alloh SWT. Amin.
Saudara-saudara, perasaan kami sulit dilukiskan dengan kata-kata, namun perasaan itu tetap tingal di dalam badan rasa (gevoelslichaam) tak mungkin lenyap dan dilenyapkan.
Saudara-saudara, merubah kepercayaan, merubah keyakinan hidup seseorang bukan pekerjaan enteng. Akan tetapi bukan pekerjaan mustahil untuk diusahakan. Karena yang mustahil itu tidak mesti mustahil untuk mencapai hasil yang diinginkan. Akan tetapi usaha semacam itu membutuhkan tidak sedikit ketabahan dan kesabaran, tidak sedikit energi, tidak sedikit pengorbanan.perasaan dan waktu. Sebab usaha dalam hal itu Alloh melarang paksaan, namun Alloh SWT. selalu menganugerahkan karunia dan petunjukNya atas hamba yang dikehendakiNya.
Selanjutnya kita harus selalu menyadari untuk memupuk toleransi agama. Kita tidak mempersoalkan “mayoritas” atau “minoritas” di bidang agama, melainkan peranan kita ialah di bidang “dakwah” dengan segala macam corak dan bentuk yang dibenarkan oleh hukum yang berlaku.
Setiap individu masyarakat, bangsa yang memperuncing perbedaan agama dalam lingkungan maupun di dalam negara, akan senantiasa mengalami kesulitan di dalam seluruh bangsa itu sendiri.
Dulu pemerintah kolonial Belanda sangat meperhatikan toleransi, sehingga ke daerah yang kuat keislamannya, pemerintah kolonial tidak memberikan izin masuk agama Kristen baik Katolik maupun Protestan, padahal Ratu Belanda adalah Protestan dan Pemerintah Belanda kerap kali dipegang oleh orang Katolik. Presiden Soeharto (ketika masih menjabat Presiden) dalam pidato kenegaraan pada tgl 17 Agustus 1967 antara lain beliau berkata: “Bangsa Indonesia sungguh-sungguh merasa bahagia, bahwa kita mempunyai tradisi yang baik mengenai toleransi agama ini”. Semoga dicukupkan sekedar sambutan kami ini.
Wasssalaamu’alaikum. Wr. Wb.

SURAT PENGAKUAN


Kami pembuat surat pengakuan ini,
Bernama: Antonius Widuri
Kelahiran: Yogja
Umur: 30 tahun (1970)
Agama: Kristen
Sejak tanggal 9 Maret 1970 sampai dengan 18 Maret 1970 (selama waktu 9 malam) terus-menerus, atas kemauan sendiri kami telah bersoal-jawab (berdiskusi) dengan Bapak Kyai Bahaudin Mudhary, guru pesantren di Sumenep (Madura), maka dengan ini kami menyatakan dengan ikhlas, mulai tanggal 18 Maret 1970, kami telah berpindah agama dari penganut agama Kristen Roma Katolik menjadi penganut agama Islam dengan mengucapkan kalimat Syahadat:
“Asyhadu Alla Ilaaha Illallahu, Wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullah” (Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Alloh, dan saya mengakui bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Alloh).
Pengakuan, dan kepindahan kami dari penganut agama Kristen Roma Katolik menjadi pemeluk agama Islam kami nyatakan sebenarmya dengan rasa penuh keikhlasan dan kesadaran lahir batin, tanpa ada paksaan maupun pengaruh dari siapa pun, melainkan dari hasil penelitian dan pertimbangan yang menimbulkan keikhlasan, setelah bersoal-jawab yang cukup memuaskan, di samping menelaah buku-buku agama Islam dan majalah Islam. Semoga Alloh SWT. memberikan taufik dan petunjuknya atas kami dalam mengamalkan perintah-perintah dan ajaran-ajaran agama Islam.
Sumenep, tgl 18 Maret 1970
Yang meng-Islam-kan Kami yang membuat pengakuan
( Kyai Bahaudin Mudhary ) ( Antonius Muslim Widuri )
Saksi: 1. A. Marzuki 2. Muh. Nawir Rasyidi 3. Abd. Latif 4. M. Ahya 5. Muh. Hatta 6. M. Markan 7. R.H. Abd. Azis 8. A. Zainuddin.

PERJALANAN ROHANI ANTONIUS MUSLIM WIDURI
Sebagaimana yang dia tuturkan pada Editor (waktu tidak disebutkan dalam buku)


Setelah kesaksianku bahwa tiada Tuhan yang haq disembah selain Alloh, dan Muhammad adalah RasulNya, kesan yang teramat dalam menyapa rohaniku. Saya semakin yakin akan kebenaran Islam. Semakin pasrah tiada tugas yang dapat terselesaikan selain atas ridhoNya jua. Sebelum menjadi muslim, saya sering dihantui perasaan ragu, kurang puas dan bimbang, sehingga membuatku mengambang dan kecewa. Tak ada target yang terarah apalagi kokoh. Ibarat orang mandi yang tidak merata airnya, hingga tidak mendapatkan kesegaran.
Siraman rohani keislaman menjadikan saya dan keluarga benar-benar merasakan kenikmatan dan kemantapan hidup. Segala persoalan dan ganjalan kehidupan yang dulunya tidak teratasi, seakan lenyap dan mudah, lantaran mendapat ridho Alloh SWT. Saya selalu teringat pesan Bapak Kyai Bahaudin (Alm.) yang menganjurkan padaku untuk terus meningkatkan ilmu keislaman sekaligus berdakwah dengannya, agar amal-amalku senantiasa meningkat pula. Beliau nasihatkan itu kepadaku dengan penuh kasih sayang hingga membuatku begitu terharu dan merasakan kehangatannya, seakan saya sebagai anaknya. Oleh karena itu, betapa saya merasa sangat kehilangan sepeninggal beliau. Rasanya tidak ada lagi tempat untuk bertanya, yang mampu memberikan jawaban yang teduh dan pas.
Ada banyak nasehat dan pesan-pesan yang disampaikan oleh Bapak Kyai Bahaudin kepadaku yang hingga kini masih terngiang-ngiang di telingaku. Akan tetapi ada satu pesan dari Kyai Bahaudin yang hingga kini masih saya amalkan yaitu sholat tahajjud di malam hari. Setelah saya benar-benar istiqomah (selalu) denganNya, rasanya amaliah yang satu ini tumbuh menjadi kebutuhan yang tak dapat ditunda. Alhasil, semua itu ikut membekali ketenangan dan kedamaian hidup saya.
Sungguh kedamaian itu saya terima dan saya nikmati sebagai karunia yang begitu agung dalam kehidupanku. Tanpa terasa, kiranya saya telah membuktikan janji Alloh dalam firmanNya: “Dan pada sebagian malam hari, bersembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS, Al-Isra:79)
Semakin dalam agama Islam saya masuki, semakin meyakinkan padaku bahwa Islam agama yang maha sempurna, tidak satu pun agama lain yang memiliki hal serupa. Contoh kecil, dengan hadirnya doa-doa dalam detik-detik kehidupan, sesederhana apa pun, semua dibahas dan diajarkan. Dari doa berkumpul (suami istri), saat bangun tidur, hingga pada setiap aktifitas kerja lainnya.
Akhirnya, saya sikapi hidup ini dengan ikhlas dan berpasrah dengan ridhoNya. Tugas sehari-hari kami di kantor yang cukup melelahkan pun bisa terselesaikan dengan sukses dan memuaskan.
Sungguh, saya telah mencermati Islam dan merasakan adanya perpautan kental antara akal dengan kedalaman rasa di hati, perpaduan usaha dengan takdir dan keserasian antara fikir dengan zikir. Alhamdulillah.

RIWAYAT HIDUP KYAI HAJI BAHAUDIN MUDHARY (1920 – 1979)


Lahir di Sumenep, 23 April 1920 dan berpulang ke rahmatullah 4 Desember 1979 di Surabaya. Meski ia belum pernah mereguk pendidikan alam pesantren, namun kadar kebesarannya berangkat dari benih pengaruh kuat ayahandanya – KH. Ahmad Sufhansa Mudhary – yang ulama dan teman berbincang dari kakaknya alm. K. Abdul hamid Mudhary, yang sama sekali tidak pernah mengenyam sekolah formal ataupun pesantren, kecuali berkhidmat kepada ayahandanya saja. Alhasil, beliau pun mampu mereguk ilmu keislaman di samping mahir bahasa Arab, Belanda dan Jepang. Jabatan yang pernah diembannya antara lain, Komandan Sudanco, Ketua Muhammadiyah, Ketua Masyumi Wedana di Bangkalan serta Ketua Perserikatan Muslim Tionghoa di Madura (sekarang PITI). Almarhum dalam kesehariannya sangat sederhana lagi bersahaja. Ia juga humoris dengan petuah yang penuh warna “parigan” (sesemmon Madura). Ada pesan menjelang akhir hayatnya yang hingga kini menjadi pegangan putra dan cucu-cucunya “Jangan sesekali meninggalkan sholat, selalu rukun dan memelihara tali silaturrahim serta jangan berebut harta pusaka, usahakan setiap malam sholat lail (tahajjud).” Seusai menamatkan Kweek School Muhammadiyah di Yogjakarta tahun 1940, tokoh ulama Jawa Timur ini terus menimba ilmu sambil menekuni buku literatur berbahasa Arab, Inggris, Jerman, Belanda, Perancis, Cina dan Jepang, teristimewa yang erat kaitannya dengan filsafat dan kerohanian. Ulama ahli metafisika yang memiliki “kasyf” tersebut juga amat terampil memafhumi hampir seluruh alat musik mulai petik, gesek, tiup sampai tutus piano. Muasal kelangkaan ilmunya, alhasil orang menyebut “Tera Ta Adamar” (bhs Madura) bermakna benderang tanpa pelita, lantaran bertumpu pijak yang berkhidmat pada ladang spiritual terutama ibadah sholat sebagai mi’rajnya kaum muslimin menuju titik sumbu Rabbul Izzati. Itulah sebabnya hakikat ilmu letaknya bukan di kepala tetapi di hati.
Semasa hayatnya diamalkan untuk pendidikan dan dakwah Islamiyah. Tahun 1947 memangku sebagai Komandan Resimen Hizbullah, dua tahun kemudian mendirikan Yayasan Pesantren Sumenep. Berikutnya tahun 1954 Ketua Muhammadiyah cabang Sumenep, Kepala SMA Yayasan Pesantren, mengajar bahasa Jerman dan Perancis di SMA Sumenep sekitar thn 1960 – 1965 serta dosen di IKIP Negeri dan pernah mendirikan Akademi Metafisika. Hingga akhir hayatnya, selain mengasuh Pesantren Kepanjin Sumenep juga menjabat Kepala Kantor Departemen Agama Sumenep, Ketua Umum GUPPI Jawa Timur, Ketua MUI Jawa Timur dan anggota DPRD Tingkat I Jawa Timur. Bayak buah penanya, senantiasa mewarnai langgam kehidupan rohaninya yang mapan.
SELESAI

9. Dialog Muslim – Kristen (Malam Terakhir)

MALAM TERAKHIR

Bahasan :

Masuk Islam, Dialog tentang Trinitas


Masuk Islam
A: Pertemuan kita sudah berlangsung beberapa kali dan berjalan lancar. Pada pertemuan yang sekarang ini, apakah masih ada pertanyaan-pertanyaan Saudara yang akan diajukan?
B: Sejak siang tadi, saya telah pikirkan dan pertimbangkan secara mendalam tentang hasil-hasil pertemuan kita yang menimbulkan kesadaran saya untuk menentukan pendirian saya agar memilih agama yang mana yang harus saya ikuti.
A: Alhamdulillah, kalau Saudara sudah dapat menentukan sendiri. Jadi bagaimana kepercayaan Saudara sekarang ini terhadap Trinitas (Tuhan Bapak, tuhan Anak dan Ruhul Kudus)?
B: Memang soal inilah yang sedang saya renungkan sejak tadi siang, oleh karena saya masih merasa terikat oleh satu “Patokan” yang hingga saat ini belum dapat saya pecahkan. Padahal keterangan Bapak sangat memuaskan sejak semula kita bertemu.
A: Sekiranya Saudara tidak berkeberatan, cobalah Saudara terangkan, mungkin saya dapat membantu Saudara.
B: Ialah soal Trinitas. Soal ini masih berbekas dalam jiwa saya.
A: Baiklah, Saudara terangkan saja.
B: Tuhan Bapak, Tuhan Anak dan Rohul Kudus itu walaupun tersusun dari tiga oknum, tetapi tetap pada hakekatnya Tunggal juga. Karena yang satu tidak dapat terpisah dengan yang lain. Persoalan inilah yang masih berbekas dalam keyakinan saya. Sedangkan soal-soal lain, mengenai ayat-ayat di Bibel, dosa waris, kebenaran Al Qur’an, Kebenaran Nabi Muhammad selaku utusan Tuhan, teristimewa perselisihan ayat-ayat di Bibel dan keterangan-keterangan serta penjelasan-penjelasan Bapak yang berdasarkan fakta objektif dan interesant itu bagi saya sudah beres dan saya menyerah.
A: Baiklah, lanjutkan.
B: Tetapi soal Trinitas itu masih terlukis saja dalam keyakinan saya. Sehingga belum dapat secara bulat (ikhlas) bagi saya untuk mengorbankan keyakinan saya begitu saja tanpa penjelasan-penjelasan yang cukup luas yang sungguh mengatasi keyakinan saya.
A: Jadi yang tiga oknum itu, Saudara masih mempercayai bahwa ketiga-tiganya itu adalah Tuhan semuanya?
B: Ya, begitulah, tetapi sudah mulai tipis.
A: Jadi Tuhan Bapak itu Tuhan?
B: Ya.
A: Tuhan Anak, Yesus, apakah Tuhan?
B: Ya.
A: Apakah Rohul Kudus juga Tuhan?
B: Ya, semuanya tiga tetapi tetap satu (tunggal), seperti telah saya terangkan tadi. Supaya lebih jelas, saya buatkan misal.
A: Baiklah, silahkan Saudara buatkan misal.
B: Bapak sekarang sedang menghisap rokok.
A: Ya, sekarang sedang merokok. Saudara-Saudara yang hadir melihat juga. Saya sekarang sedang merokok.
B: Rokok yang Bapak isap itu, terdiri dari tiga susunan ialah: batang rokoknya, apinya, dan merah api pada rokok.
A: Ya betul, teruskan.
B: Batang rokok, apinya dan merahnya itu menjadi satu juga walaupun terdiri daripada 3 susunan, akan tetapi pada hakekatnya satu juga, ialah rokok, ketiganya tidak dapat terpisah, melainkan berpadu menjadi satu (tunggal). Demikian juga halnya dengan Trinitas itu.
A: Misal atau perumpamaan yang Saudara berikan walaupun dianggap benar, tetapi tidak tepat.
B: Jadi bagaimana, saya minta dibantah kalau tidak tepat.
A: Saya tidak akan membantah, malah saya hargai pendapat Saudara itu. Saya hanya ingin bertanya mengenai perumpamaan yang Saudara kemukakan tadi. Tetapi pertanyaan saya ini, minta diberi jawaban yang tepat.
B: Baik, semoga saya bisa menjawabnya.
A: Tadi Saudara memberikan perumpamaan tentang rokok dalam hal persamaan dengan Trinitas.
B: Ya, betul begitu.
A: Saya ingin bertanya, dan saya sekarang sedang merokok. Apakah batang rokok ini, rokok-kah atau bukan?
B: Ya. Betul batang rokok.
A: Apakah apinya rokok ini, rokok-kah atau bukan?
B: Bukan.
A: Apakah merahnya api pada rokok ini rokok-kah atau bukan?
B: Bukan.
A: Nah, sekarang saya tanyakan lagi: Apakah Tuhan Bapak itu Tuhan atau Bukan?
B: Ya, betul Tuhan.
A: Apakah anak Tuhan (Yesus) itu Tuhankah (tuhan Bapak) atau bukan?
B: Bukan.
A: Apakah Rohul Kudus itu Tuhankah atau bukan?
B: Mestinya bukan juga.
A: Kalau Saudara mengatakan apinya rokok itu bukannya rokok dan merahnya rokok ini bukan rokoknya, maka jelaslah bahwa Yesus itu bukan Tuhan dan rohul kuduspun bukan Tuhan.
B: Ya,
A: Kecuali sekiranya Saudara ada menyebutkan: Apinya rokok ini adalah rokok, maka adalah Saudara berkata: Yesus itu adalah Tuhan dan Rohul Kudus itu pun Tuhan juga.
B: Ya, betul tepat sekali jawaban Bapak.
A: Sekarang bagaimana kepercayaan Saudara, apakah Yesus itu Tuhan atau bukan?
B: Bukan!
A: Apakah Rohul Kudus itu Tuhankah atau bukan?
B: Terang bukan Tuhan!
A: Kalau begitu masihkah Saudara berkeyakinan terhadap Trinitas?
B: Sudah Lenyap!
A: Kalau sudah lenyap, lantas bagaimana?
B: Ya, keyakinan saya sekarang, hanya ada SATU TUHAN.
A: Jadi Saudara mempercayai bahwa TUHAN TUNGGAL?
B: Seharusnya demikian; saya percaya bahwa Tuhan itu Tunggal, Tidak ada Tuhan yang lain lagi.
A: Yang dimaksudkan Tuhan oleh Saudara, apakah Tuhan Allah atau bagaimana?
B: Tentu saja Tuhan ALLAH.
A: Pada pertemuan yang lalu, Saudara telah mengaku kebenaran Nabi Muhammad SAW selaku utusan Allah.
B: Ya, saya tidak berdusta.
A: Kalau begitu Saudara telah mengakui bahwa: “Tidak ada Tuhan melainkan Allah, dan Muhammad adalah Utusan Allah”.
B: Betul, saya mulai saat ini masuk Islam, menjadi penganut agama Islam, dan termasuk ummatnya Nabi muhammad SAW.
HADIRIN DENGAN SUARA SERENTAK: Alhamdulillah, Alhamdulillah, Saudara Antonius sekarang menjadi Saudara kita.
A: Saudara yang hadir ikut menyaksikan sendiri, bahwa pada malam ini tanggal 18 Maret 1970 jam 10.15 menit malam, Saudara Antonius telah masuk Islam.
HADIRIN: Kami telah menyaksikan.
A: Saya minta Saudara Antonius membacakan “Kalimah Syahadah” saya bacakan dulu lalu Saudara diharap mengikutinya menyebutkan pengakuan.
“Asyhadu Anlaa ilaa ha Illallah Wa Asyhadu Anna Muhammadan Rasulullah” Tahukah Saudara artinya?
B: Ya, tetapi sebaiknya saya minta dituntun membacanya, pertama-tama Bapak, supaya tidak keliru. “Saya menyaksikan bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan melainkan Allah dan saya mengaku sesungguhnya Nabi Muhammad adalah Pesuruh Allah”.
A: Betulkah Saudara-Saudara yang hadir?
HADIRIN: Betul. Cukup, sudah sah Islamnya.
A: Marilah kita bersama-sama berdo’a dan memanjatkan syukur kehadirat Allah SWT dan diharap Saudara Antonius dan Saudara-Saudara yang hadir semuanya mengucapkan Amien.
Setelah doa dibacakan, saya harap saudara-saudara yang hadir berjabatan tangan dengan Saudara Antonius selaku Saudara kita yang baru. Apakah nama Saudara Antonius masih ada lanjutannya?
B: Nama saya yang sebenarnya “Antonius Widuri”.
A: Bolehkah saya tambah tanpa mengubah nama yang asal (aslinya)?
B: Ya, saya setuju.
A: Saya tetapkan nama Saudara sekarang “Antonius Muslim Widuri”. Jadi ditambah dengan kata Muslim.
B: Saya terima namanya menjadi namanya dan cocok buat saya.
A: Saudara-saudara yang hadir tentu sudah mendengar juga tambahan nama ini.
HADIRIN: Nama itu wajar dan cocok, bagus.
A: Bersediakah Saudara melakukan Shalat, Puasa, Zakat dan ajaran-ajaran Islam lainnya?
B: Selaku seorang Islam, saya wajib mentaati ajaran-ajaran Islam menurut kemampuan (kemampuan saya).
A: Terima kasih. Apakah Saudara ingin memberikan sekedar sambutan atau menyampaikan beberapa buah kata besok malam, karena ada kawan yang akan mengadakan sekedar selamatan?
B: Baiklah, saya penuhi besok malam.

8. Dialog Muslim – Kristen (Malam Kedelapan)

MALAM KEDELAPAN

Bahasan :
Perselisihan Ayat-ayat Dalam Bibel (2), Siapa yang Pernah Melihat Allah?, Siapa Raja Hamat? Toi, Tohu atau Tou?, Siapa Anak Raja Hamat? Yoram atau Hadoram?, Negeri Mana yang Banyak Tembaganya?”Betach dan Berotai” atau “Tibchat dan Chun”?, Berapa Umur Raja Ahazia Pada Masa Ia Naik Tahta?22 tahun atau 42 tahun?, Raja Jerusalem: Jehojachin atau Jojachin?Memerintah selama 3 bulan 10 hari atau 3 tahun?Lihat juga Catatan Kaki di Al-Kitab, Pahlawan yang Mengiringi Daud:Nama: Josech Basjebet bin Tachkemoni atau Yasobam bin Hachmoni?Jabatan: Kepala Segala Penghulu atau Kepala dari Orang Tiga Puluh?Jumlah Orang yang Ditikamnya dalam Sekali Berperang: 800 atau 300 orang?, Siapakah yang Mengajak Daud Membilang dan Melawan Orang Israil?Tuhan atau Syetan?, Peperangan Daud:Berapa Kereta Kuda yang Dibinasakan? 700 (tujuh ratus) atau 7.000 (tujuh ribu)?Jumlah 40.000 yang Dibinasakan: Orang Berkuda atau Orang Berjalan Kaki?Siapa Nama Panglima yang Dibunuh Daud? Sobach atau Sofach?,

Perselisihan Ayat-ayat Dalam Bibel (2)
A: Pada pertemuan kemarin malam saya telah terangkan ayat yang berlawanan dalam Bibel. Pada pertemuan sekarang apakah masih ada pertanyaan Saudara yang akan disampaikan kepada saya?
B: Kalau masih ada ayat-ayat dalam Bibel yang berlawanan antara satu ayat dengan yang lain, saya minta diterangkan untuk menambah keyakinan saya sampai dimanakah kesucian Kitab Bibel itu ada dicampuri oleh tangan manusia.
A: Kemarin malam Saudara mengakui sudah puas. Apakah tidak lebih baik kita bicarakan saja pasal-pasal yang Saudara pandang terpenting?
B: Ya, tetapi keterangan Bapak mengenai ayat-ayat yang berlawanan di Kitab Bibel itu baru sedikit membuka hati saya. Karena itulah saya bawa lagi Kitab Bibel ini.
A: Baiklah, saya akan tunjukkan, demi kepuasan Saudara
B: Terima kasih. Harapan saya, Bapak sudi tunjukkan lagi bukti-bukti ayat-ayat yang berlawanan. Saya ingin mengetahui lebih banyak lagi.
Siapa yang Pernah Melihat Allah?
A: Silahkan Saudara periksa di Yahya pasal 1 ayat 18.
B: Di pasal dan ayat ini menyebutkan: “Maka Allah belum pernah dilihat oleh seorang jua pun, tetapi anak yang tunggal yang di atas pengakuan Bapa, ialah yang sudah menyatakan Dia”.
A: Bagaimanakah menurut tafsiran Saudara susunan ayat ini?
B: Ayat ini menunjukkan bahwa Tuhan tidak pernah dilihat oleh siapa pun juga, melainkan hanya Yesus saja yang pernah melihatnya.
A: Kalau begitu silahkan Saudara periksa di kitab Kejadian pasal 18 ayat 1.
B: Di sini menyebutkan: “Hatta, maka kemudian daripada itu kelihatanlah Tuhan kepada Ibrahim hampir dengan pohon jati mamre tatkala duduklah di pintu kemahnya ketika hari panas”.
A: Nah, di sini Saudara membuktikan sendiri perselisihan di dua ayat ini, di satu ayat menyebutkan Tuhan hanya dinyatakan oleh Yesus saja, tidak seorang jua pun melihatnya. Sedang di ayat yang lain ada menyebutkan bahwa Ibrahim juga melihat Tuhan. Bukankah dua ayat ini berlawanan? Yang manakah yang benar di dua ayat ini?
B: Ya, saya mengakui memang tidak cocok.
A: Saya lanjutkan. Silahkan periksa lagi di kitab: “Kejadian pasal 32 ayat 30″.
B: Ya, di sini menyebutkan: “Maka dinamai oleh Yakub akan tempat itu peniel karena katanya: “Sudah kulihat Allah muka dengan muka, maka nyawaku selamatlah”.
A: Perhatikan: Di satu ayat menyebutkan, tidak seorang pun melihat Tuhan, melainkan Yesus. Di ayat yang lain menyebutkan bahwa Ibrahim melihat Tuhan. Di ayat yang lain lagi ada menyebutkan Yakub melihat Tuhan, malah bertemu muka dengan muka. Yang manakah yang benar di antara tiga ayat tersebut? Mustahillah benar semuanya, karena jelas sekali susunan ayatnya yang nyata-nyata mengandung ayat yang berselisih antara yang baru dengan yang lain. Kalau dikatakan salah satu daripada ayat-ayat itu yang benar, maka yang dua ayat tentunya salah semuanya. Pantaskah suatu kitab suci mengandung ayat yang salah? Dan kalau dikatakan salah semuanya, maka apakah kitab itu dapat dipertahankan kesuciannya, kalau ayat-ayatnya terdapat berlawanan?
B: Ya, saya mengakui ayat-ayat tersebut tidak cocok antara yang satu dengan yang lain.
A: Pengakuan Saudara itu memang penting, tetapi lebih utama kalau diikuti dengan kesadaran.
B: Saya harap tunjukkan lagi ayat-ayat di Kitab Injil yang berselisih.
Siapa Raja Hamat? Toi, Tohu atau Tou?
A: Baiklah, silahkan periksa di kitab Samuel yang ke-II pasal 8 ayat 9, 10.
B: Di pasal dan ayat ini menyebutkan: “Bermula, maka setelah kedengaranlah kabar kepada TOI, raja Hamat, mengatakan Daud sudah mengalahkan segenap balatentara Hadar Ezar, disuruhkan TOI akan YORAM anaknya menghadap raja Daud akan bertanyakan selamat baginda dan menyampaikan berkat selamat kepada baginda … “.
A: Cukup dibaca sampai di situ, bagaimana menurut pendapat Saudara maksud ayat itu, siapakah nama raja Hamat?
B: Menurut ayat ini, raja Hamat bernama “Toi”
A: Sekarang silahkan periksa kitab: “Tawarikh yang pertama” pasal 18 ayat 9.
B: Di sini menyebutkan: “Hatta apabila kedengaranlah kabar kepada TOHU, raja Hamat, mengatakan Daud sudah mengalahkan segenap balatentara Hadar Ezar raja Zoba itu”.
A: Di ayat ini, siapakah nama raja Hamat?
B: Menurut ayat ini, nama raja Hamat ialah “Tohu”.
A: Nah, perhatikanlah: Di suatu ayat menyebutkan nama Raja Hamat ialah “Toi” sedangkan di ayat lain menyebutkan “Tohu”. Yang manakah namanya benar Tohukah atau Toi?
B: Ya, namanya memang berselisih. Akan tetapi hanya selisih tentang nama saja. Jadi hanya perselisihan yang kecil saja.
A: Kalau kesalahan dari manusia biasa, tentu kita tidak keberatan, akan tetapi ini adalah kesalahan “Wahyu” atau “Ilham”.
B: Betul juga pendapat Bapak, Ini adalah kesalahan wahyu atau ilham. Mustahil wahyu atau ilham dari Tuhan terdapat kesalahan walaupun kesalahan yang sedikit dan sekecil-kecilnya.
(pada halaman ini terdapat footnote: Al Kitab edisi 1994, kata Tohu diganti Tou. Mungkin pada tahun berikutnya kata Tou akan diganti dengan Toi)
Siapa Anak Raja Hamat? Yoram atau Hadoram?
A: Bukan itu saja, Silahkan periksa lagi kitab Samuel yang kedua pasal 8 ayat 9 dan 10.
B: Di sini menyebutkan: “Bermula, maka setelah kedengaranlah kabar kepada TOI, raja Hamat, mengatakan Daud sudah mengalahkan segenap balatentara Hadar Ezar, disuruhkan TOI akan YORAM anaknya menghadap raja Daud …”
A: Cukup dibaca sampai di situ dulu, di ayat itu ada tersebut seseorang bernama Yoram, siapakah Yoram menurut ayat tersebut?
B: Menurut ayat tersebut Yoram itu anaknya Toi, raja Hamat.
A: Betul, sekarang lanjutkan periksa di kitab: Tawarikh yang pertama pasal 18 ayat 9 dan 10.
B: Di sini ada menyebutkan: “Hatta apabila kedengaranlah kabar kepada TOHU, raja Hamat, mengatakan Daud sudah mengalahkan segenap balatentara Hadar Ezar raja Zoba itu. Disuruhnyalah Hadoram puteranya pergi menghadap baginda raja Daud … “.
A: Cukup dibaca sampai di situ. Di ayat itu ada disebutkan seorang bernama Hadoram, Siapakah Hadoram itu menurut susunan ayat tersebut?
B: Menurut susunan ayat tersebut, orang yang bernama Hadoram itu adalah anak Tohu, raja Hamat.
A: Buktikan, di satu ayat menyebutkan bahwa Yoram itu anaknya Toi, sedangkan di ayat lain menyebutkan anaknya Toi itu bukan Yoram, melainkan Hadoram.
B: Saya tidak tahu.
A: Saya bertanya bukan tentang tahu atau tidaknya, melainkan tentang kebenaran di dua ayat itu.
B: Saya tidak tahu yang mana yang benar.
A: Bukan Saudara saja yang tidak mengetahui kebenarannya, malah yang menulis ayat itu pun tidak bisa menunjukkan yang tepat tentang kebenaran nama anaknya Toi itu; padahal yang dinamakan kitab suci pasti benar isinya, bersih dari segala macam kesalahan, sampai kepada kesalahan yang sekecil-kecilnya, sesuai dengan pengakuan Saudara tadi.
B: Mestinya begitu.
Negeri Mana yang Banyak Tembaganya?
“Betach dan Berotai” atau “Tibchat dan Chun”?
A: Tetapi kenyataannya tidak begitu. Buktinya, silahkan Saudara periksa lagi di kitab Samuel ke II pasal 8 ayat 8.
B: Baik, di pasal dan ayat ini menyebutkan: “Maka dari dalam Betach dan dari dalam Berotai, dua buah negeri Hadar Ezar, diambil raja Daud akan banyak Tembaga.
A: Bagaimana maksud ayat ini menurut tafsiran Saudara?
B: Maksudnya ialah raja Daud mengambil banyak tembaga dari dua tempat bernama Betach dan Berotai.
A: Silahkan periksa di Kitab Tawarich yang pertama pasal 18 ayat 8.
B: Baik di sini ada menyebutkan: “Maka dari dalam Tibchat dan dari dalam Chun, negeri Hadar Ezar itu diambil Daud amat banyak tembaga.
A: Buktikan di satu ayat menyebutkan dua tempat yang diambil tembaganya oleh Daud ialah Betach dan Berotai, sedangkan di ayat lain menyebutkan dua tempat itu ialah Tibchat dan Chun. Di dua ayat itu tempat manakah yang sebenarnya diambil tembaganya oleh Daud? Kalau betul Kitab Injil itu mestinya suci daripada kesalahan dan perselisihan atau berlawanan tentang ayat-ayatnya.
B: Betul, dua ayat ini memang tidak cocok, yang satu dengan yang lain bertentangan.
A: Apakah Saudara masih memerlukan lagi ayat-ayat yang berlawanan di dalam Bibel?
B: Saya merasa beruntung kalau Bapak masih bersedia menunjukkan demi untuk meningkatkan kesadaran saya.
Berapa Umur Raja Ahazia Pada Masa Ia Naik Tahta?
22 tahun atau 42 tahun?
A: Baiklah saya ikuti kehendak saudara. Silahkan periksa lagi di Kitab Raja-raja kedua pasal 8 ayat 26.
B: Baik, di pasal dan ayat ini menyebutkan: “Adapun umur raja Ahazia pada masa ia naik raja itu dua puluh dua tahun, maka kerajaanlah ia Jerusalem setahun lamanya, adapun nama bunda-bunda baginda itu Atalia anak Omri raja orang Israil”.
A: Menurut susunan ayat ini, berapakah umur raja Ahazia pada waktu ia menjadi raja?
B: Berdasarkan ayat ini diwaktu umur 22 tahun.
A: Silahkan Saudara periksa lagi di kitab: Tawarikh ke II pasal 22 ayat 2.
B: Di pasal dan ayat ini menyebutkan: “Adapun pada masa ia naik raja itu empat puluh dua tahun, dan kerajaanlah ia di Jerusalem setahun lamanya, maka nama bunda baginda itu Atalia anak Omri”.
A: Di ayat ini menyebutkan berapakah umur Ahazia diwaktu menjadi raja?
B: Di ayat ini menyebutkan diwaktu berumur 42 tahun.
A: Nah, di dua ayat ini yang manakah yang benar? di waktu berumur 22 tahunkah atau berumur 42 tahun? Di satu ayat menyebutkan Ahazia menjadi raja di waktu berumur 22 tahun, dan di ayat yang lain menyebutkan pada waktu berumur 42 tahun. Bukankah ini menunjukkan perselisihan yang menyolok sekali di Kitab Injil yang dikatakan suci itu?
B: Ya, perselisihan di dua ayat ini tak dapat dipungkiri lagi.
Raja Jerusalem: Jehojachin atau Jojachin?
Memerintah selama 3 bulan 10 hari atau 3 tahun?
Lihat juga Catatan Kaki di Al-Kitab
A: Supaya makin bertambah tak dapat dipungkiri lagi oleh Saudara tentang ayat-ayat yang berlawanan di Kitab Bibel itu. Silahkan Saudara periksa lagi di kitab Raja-raja II pasal 24 ayat 8.
B: Baik, di sini ada menyebutkan: “Jojachin pada masa ia naik raja itu delapan belas tahun, maka kerajaanlah ia di Jerusalem tiga tahun lamanya dan nama bunda baginda itu Nehusta anak Elmatan dari Jerusalem”.
A: Siapakah nama raja di ayat ini?
B: Namanya Jojachin.
A: Silahkan Saudara periksa di kitab: Tawarikh yang kedua pasal 36 ayat 9.
B: Di sini ada menyebutkan: “Adapun umur Jehojachin pada masa ia naik raja itu delapan belas tahun, maka kerajaanlah ia di Jerusalem tiga bulan dan sepuluh hari lamanya, maka diperbuatnya barang yang jahat kepada pemandangan Tuhan”.
A: Buktikan perselisihan yang menyolok pada dua ayat ini; di satu ayat menyebutkan Jojachin dan di ayat yang lain menyebutkan Jehojachin. Selanjutnya di satu ayat menyebutkan kerajaan Jojachin di Jerusalem tiga tahun lamanya dan di ayat yang lain menyebutkan 3 bulan 10 hari. Yang manakah yang benar di dua ayat ini, Jojachinkah atau Jehojachin, dan kerajaan Jerusalem selama 3 tahunkah atau 3 bulan 10 hari? Harap Saudara periksa lagi dengan teliti susunan dua ayat yang Saudara baca tadi.
B: Betul, memang tidak cocok antara dua ayat ini.
Catatan kaki: Al Kitab yang diterbitkan tahun 1994, Kata “Yehoyakhin” diganti dengan “Yoyakhin” dan di Alkitab edisi tahun 1994, kata “tiga tahun” diganti “tiga bulan”.
A: Aneh, lagi-lagi tidak cocok dan memang tidak cocok.
B: Memang mustahil di kitab suci mengandung ayat-ayat yang berlawanan antara yang satu dengan yang lain.
Pahlawan yang Mengiringi Daud:
Nama: Josech Basjebet bin Tachkemoni atau Yasobam bin Hachmoni?
Jabatan: Kepala Segala Penghulu atau Kepala dari Orang Tiga Puluh?
Jumlah Orang yang Ditikamnya dalam Sekali Berperang: 800 atau 300 orang?
A: Supaya lebih nyata kemustahilannya, teruskan Saudara periksa di kitab Saul yang kedua pasal 23 ayat 8.
B: Di ayat ini tersusun sebagai berikut: “Bermula, maka inikah nama segala pahlawan yang mengiringi Daud, Josech Basjebet bin Tachkemoni, kepala segala penghulu iapun bergelar penyucuk dan penikam lembing, sebab ditikamnya akan kedelapan ratus orang dalam sekali saja berperang”.
A: Berdasarkan ayat ini saya ingin bertanya pada Saudara: “Siapakah nama pahlawan yang mengiringi Daud menurut ayat ini?
B: Namanya Josech Basjebet bin Tachkemoni.
A: Menjabat apakah ia?
B: Kepala segala penghulu.
A: Berapa orangkah yang ditikamnya dalam sekali berperang?
B: Delapan ratus orang.
A: Kalau begitu, silahkan Saudara periksa di Kitab Tawarikh yang pertama pasal 11 ayat 11.
B: Di ayat ini susunan kalimatnya seperti berikut: “Maka inilah bilangan segala pahlawan yang mengiringi Daud, Yasobam bin Hachmoni, kepala orang tiga puluh, yang melayangkan lembingnya kepada orang tiga ratus, ditikamnya akan mereka itu sekalian dalam sekali berperang”.
A: Berdasarkan ayat ini saya ingin bertanya pada Saudara: “Siapakah nama pahlawan yang mengiringi Daud menurut ayat ini?
B: Namanya Yasobam bin Hachmoni.
A: Menjabat apakah ia?
B: Kepala dari orang tiga puluh.
A: Berapa orangkah yang ditikamnya dalam sekali berperang?
B: Sebanyak Tiga ratus orang.
A: Cocokkan dua ayat ini antara yang satu dengan yang lain?
B: Terlalu tidak cocok malah dalam dua ayat ini terdapat 3 macam selisih yang jelas sekali.
A: Memang. Di satu ayat menyebutkan pahlawan yang mengiringi Daud bernama Josech Basjebet bin Tachkemoni dan di ayat yang lain bernama Yasobam bin Hachmoni. Di ayat ini pun menyebutkan kepala orang tiga puluh. Di ayat itu pun ada menyebutkan lagi Menikam 800 (delapan ratus) orang dalam sekali berperang dan di ayat yang lain menyebutkan menikam 300 (tiga ratus) orang dalam sekali berperang.
B: Intermezzo sedikit pak Kyai.
A: Ya, boleh intermezzo jenis apa?
B: Saya merasa sungguh kagum, karena Bapak Kyai hapal di luar kepala tentang ayat-ayat Bibel. Padahal kalau tidak salah ayat-ayat di Kitab Bibel itu ada ribuan. Dengan cara bagaimana Bapak menghafalnya?
A: Lain waktu saya bisa terangkan pada Saudara.
B: Menghafalkannya saja tentu amat berat, yang betul-betul mengherankan saya, dapat Bapak menunjukkan dengan tepat letaknya ayat-ayat di Bibel dan tambah mengherankan lagi hafalnya ayat-ayat Bibel yang berlawanan antara satu dengan yang lain. Baik tentang nama-nama suratnya, pasalnya, maupun ayat-ayatnya, kesemuanya dengan tepat sekali Bapak menunjukkannya. Betul saya bertanya; malah di antara saudara-saudara yang hadir kemarin malam ada yang membisikkan pada telinga saya, memberikan dorongan supaya menanyakan kepada Bapak.
A: Supaya tidak banyak makan waktu, saya jawab dengan singkat saja, saya kalau menghafalkan sesuatu tidak hanya menggunakan alat pancaindera lahir (sensus exterior) semata-mata, akan tetapi juga alat-alat pancaindera bathin (sensus interior). Keterangan mengenai soal ini cukup panjang, membutuhkan antara dan waktu tersendiri. Kalau Saudara ada hasrat, lain waktu akan saya jelaskan.
B: Baiklah kalu begitu, sekarang kita lanjutkan.
A: Sebagai bukti, bahwa alat pancaindera bathin itu dapat menembus, maka saya tembuskan pandangan bathin saya ke dalam Kitab Bibel, untuk saya tunjukkan lagi pada Saudara ayat-ayat di Bibel yang berlawanan.
B: Terima kasih.
Siapakah yang Mengajak Daud Membilang dan Melawan Orang Israil?
Tuhan atau Syetan?
A: Silahkan Saudara periksa lagi di kitab Samuel yang kedua pasal 24 ayat 1.
B: Di pasal dan ayat ini ada menyebutkan: “Bermula maka kembali pula bangkitlah murka Tuhan akan orang Israil, diajaknya Daud akan lawan mereka itu katanya: Bilangkanlah olehmu akan orang Israil dan akan orang Jehuda”.
A: Menurut ayat ini, siapakah yang mengajak Daud membilang dan melawan orang Israil?
B: Menurut susunan ayat ini yang mengajak Daud ialah Tuhan.
A: Betul, sekarang silahkan Saudara periksa di kitab Tawarikh yang pertama pasal 21 ayat 1.
B: Baik, di pasal dan ayat ini ada menyebutkan: “Sebermula, maka pada masa itu, berbangkitlah syetan akan celaka orang Israil, diajaknya Daud supaya dia membilang banyak orang Israil”.
A: Menurut ayat ini siapakah yang mengajak Daud membilang orang Israil?
B: Berdasarkan ayat ini yang mengajak Daud, ialah Syetan.
A: Nah, perhatikan; di satu ayat menyebutkan yang mengajak Daud adalah Tuhan. Kemudian di satu ayat yang lain menyebutkan, yang mengajak Daud adalah Syetan. Yang manakah yang benar di antara dua ayat ini, Tuhankah atau syetan?
B: Ya, betul; ini adalah suatu perselisihan yang menyolok sekali.
A: Kalau demikian tentunya Saudara dapat membayangkan, apakah Bibel yang sekarang ini masih tetap dikatakan sucikah atau sudah dicampuri oleh tangan manusia?
B: Kalau sudah terang-terangan begini, tentunya sulit untuk dipertahankan kesuciannya.
A: Apakah Saudara masih belum merasa puas bukti-bukti yang saya tunjukkan tentang ayat-ayat Bibel yang berlawanan antara yang satu dengan yang lain itu?
B: Sudah cukup jelas.
A: Jangankan di kitab suci itu sampai terdapat beberapa ayat yang berlawanan malah satu ayat saja terdapat ayat yang berselisih dengan ayat lain, sudah cukup alasan untuk tidak dapatnya dipertahankan dan diyakinkan tentang kesuciannya.
B: Kalau begitu Kitab Bibel yang dianggap suci oleh penganutnya itu lantas bagaimana?
A: Sebetulnya pertanyaan Saudara itu harus dijawab oleh Saudara sendiri karena Saudara sendiri masih mempunyai kitab itu. Tetapi saya tolong menjawabnya. Setiap agama mempunyai kitab suci. Akan tetapi kalau di kitab sucinya itu ternyata terdapat beberapa ayatnya yang berselisih atau berlawanan dan tidak cocok antara yang satu dengan yang lain, apakah penganut-penganut agama itu masih berkeyakinan bahwa kitab sucinya itu tetap suci? Padahal yang dinamai kitab suci adalah wahyu, ilham dari Tuhan. Mustahil sekali kalau wahyu Tuhan itu tidak cocok. Di satu ayat Tuhan berkata YA lalu di ayat yang lain lagi menyatakan TIDAK. Di satu ayat Tuhan berkata “A” lalu di ayat lain Tuhan berkata lagi bukan “A” tetapi “B”. Kalau sampai terjadi demikian, tidak mustahil bahwa tangan manusia sudah ikut campur di dalamnya.
B: Betul begitu, tetapi maaf, kalau Bapak tidak berkeberatan, saya minta lagi.
A: Minta yang mana lagi yang dimaksudkan oleh Saudara?
B: Minta satu ayat lagi yang berselisih di Bibel.
A: Agaknya Saudara akan menguji saya tentang Bibel?
B: Tidak, betul-betul tidak. Hanya minta satu saja. Betul-betul saya hanya minta satu ayat saja lagi.
A: Saudara minta satu ayat lagi atau lebih, saya bisa tunjukkan. Tetapi waktunya sudah jauh malah. Kecuali kalau Saudara suka menerima sampai pagi.
B: Tidak, betul-betul hanya minta satu ayat lagi. Setelah itu kita lanjutkan pasal-pasal yang lain.
YANG HADIR: Teruskan sampai waktu subuh, kita setuju dan akan tetap tenang.
Peperangan Daud:
Berapa Kereta Kuda yang Dibinasakan? 700 (tujuh ratus) atau 7.000 (tujuh ribu)?
Jumlah 40.000 yang Dibinasakan: Orang Berkuda atau Orang Berjalan Kaki?
Siapa Nama Panglima yang Dibunuh Daud? Sobach atau Sofach?
A: Baiklah saya penuhi pengharapan Saudara Antonius. Silahkan Saudara periksa di kitab Samuel yang kedua pasal 10 ayat 18.
B: Baik, di pasal dan ayat ini ada menyebutkan: “Tetapi kemudian, larilah segala orang syam itu dari hadapan orang Israil, maka daripada orang Syam itu dibinasakan Daud tujuh ratus ekor kuda kereta dan empat puluh ribu orang berkuda, tambahan pula dikalahkannya Sobach, panglima perang mereka itu, sehingga matilah ia di sana … ”
A: Cukup dibaca sampai di situ dulu, saya akan bertanya pada Saudara, di ayat ini ada berapakah jumlahnya kuda kereta yang dibinasakan oleh Daud?
B: Di ayat ini menyebutkan 700 (tujuh ratus) banyaknya yang dibinasakan oleh Daud.
A: Di ayat itu juga ada berapakah jumlahnya orang berkuda yang dibinasakan oleh Daud?
B: Menurut ayat ini ada 40.000 (empat puluh ribu) orang berkuda yang dibinasakan oleh Daud.
A: Dan di ayat itu juga, siapakah namanya panglima perang yang dibunuh?
B: Menurut ayat ini panglima perang yang dibunuh bernama Sobach.
A: Betulkah semuanya itu? Silahkan periksa lagi.
B: Betul demikian jawaban-jawaban saya berdasarkan ayat ini.
A: Kalau begitu silahkan Saudara periksa di Kitab Tawarikh yang pertama pasal 19 ayat 18.
B: Di sini ada menyebutkan: “Maka larilah segala orang Syam dari hadapan orang Israil, maka dibinasakan Daud daripada orang Syam itu tujuh ribu ekor kuda kereta, dan empat puluh ribu orang yang berjalan kaki, tambahan pula dibunuhnya Sofach panglima perang itu … ”
A: Saya akan bertanya; Ada berapakah jumlah kuda kereta yang dibinasakan oleh Daud menurut ayat ini?
B: Menurut ayat ini, menyebutkan ada 7000 (tujuh ribu).
A: Di ayat ini juga yang dibinasakan oleh Daud apakah 40.000 orang yang berkuda atau 40.000 orang yang berjalan kaki?
B: Di ayat ini yang dibinasakan oleh Daud ada menyebutkan 40.000 yang berjalan kaki, bukan orang berkuda.
A: Pun di ayat ini juga, disebutkan siapakah namanya panglima perang, apakah bernama Sobach-kah atau Sofach?
B: Di ayat ini disebutkan bernama Sofach.
A: Coba Saudara perhatikan dengan seksama perselisihan di dua ayat ini. Satu ayat saja sudah terdapat 3 macam selisih.
Di kitab Samuel yang kedua pasal 10 ayat 18 menyebutkan; yang dibinasakan oleh Daud sebanyak 700 (tujuh ratus) kuda kereta, sedangkan di kitab Tawarikh yang pertama pasal 19 ayat 18 menyebutkan 7.000 (tujuh ribu) kuda kereta. Yang manakah yang benar di dua ayat itu?
Di kitab Samuel yang kedua itu juga ada menyebutkan 40.000 (empat puluh ribu) orang berkuda, sedangkan di kitab Tawarikh I, 40.000 orang berjalan kaki. Yang manakah yang benar, 40.000 orang berkudakah yang dibinasakan oleh Daud atau 40.000 orang berjalan kaki?
Di kitab Samuel yang kedua itu juga ada menyebutkan panglima perangnya bernama Sobach sedangkan di Kitab Tawarikh yang pertama menyebutkan panglimanya bernama Sofach. Yang manakah yang benar, Sobach-kah atau bernama Sofach?

B: Sudah cukup puas; saya sudah menyadari dan saya sudah mulai insyaf.
A: Mulai sadar dan insyaf yang bagaimana yang Saudara maksudkan?
B: Jiwa dan kesadaran saya mulai terbuka. Besok malam saya akan lukiskan kandungan hati saya, setelah saya menerima jawaban-jawaban pertanyaan-pertanyaan saya yang lain pada Bapak.
A: Baiklah saya persilahkan.
B: Apakah sebabnya orang-orang pandai (sarjana) di negeri Barat banyak yang memeluk agama Kristen? Kalau agama Islam suatu agama yang benar dan ajaran-ajarannya sesuai dengan Ilmu pengetahuan modern, tentunya mereka masuk Islam.
A: Sebelum saya memberikan jawaban, saya akan bertanya, Saudara sendiri termasuk sarjana. Mengapa Saudara memeluk (tertarik pada, red) agama Islam?
B: Ya, karena hasil diskusi ini yang membawa saya lebih menyelami dan memilih ajaran-ajaran agama Islam.
A: Sekiranya tanpa diskusi yang menghasilkan tambahnya meneliti ajaran-ajaran Islam, apakah mungkin Saudara menjadi pemeluk agama Islam yang sadar?
B: Menurut pikiran saya tidak mungkin.
A: Orang-orang di negeri barat yang Saudara sebut itu sekiranya seperti Saudara pula dalam menganut suatu agama.
B: Ya, betul.
A: Memang betul, karena di zaman ini dari mereka ada banyak yang sudah memeluk agama Islam atas hasil penyelidikan dan penelitian yang mendalam.
B: Akan tetapi ada orang-orang Islam yang berpindah agama menjadi pemeluk agama Kristen.
A: Dari manakah Saudara ketahui?
B: Di negeri kita sendiri. Buktinya dengan bertambahnya pembangunan Gereja, sekolah Kristen nampaknya sementara senantiasa bertambah jumlahnya.
A: Apakah orang-orang Islam yang masuk agama Kristen itu terdiri dari sarjana-sarjana Islam?
B: Saya tidak mengetahuinya, hanya dari kata-kata saja. Akan tetapi saya sendiri sampai saat ini belum menemukan malah belum mendengar sarjana-sarjana Islam masuk Kristen.
A: Kalau begitu orang-orang Islam di Indonesia yang berpindah agama bukan dari hasil penelitian; jadi masuknya bukan karena keyakinannya.
B: Mengapa Bapak berpendapat demikian?
A: Saudara membuktikan sendiri bahwa orang-orang Islam di Indonesia ada banyak sekali, yang miskin, melarat dan menderita dalam hidupnya. Mereka butuh uang, makan, pakaian dan obat-obatan, Kesempatan ini dipergunakan oleh beberapa orang penganut Kristen untuk mempengaruhi mereka dengan jalan membagi-bagikan makanan, pakaian, obat-obatan dan lainnya kalau tidak keliru.
B: Ya, saya pernah baca di majalah Kiblat.
A: Di zaman ini ada beberapa orang di negeri barat yang mulanya beragama Kristen setelah menyelidiki dan meneliti ajaran-ajaran Islam, yang menunjukkan kebenaran ajaran Islam mereka berterusterang berpindah menjadi penganut Islam; mereka itu golongan sarjana, malah di antaranya terdapat pendeta Kristen yang menjadi pemeluk agama Islam.
B: Betul, saya sendiri pernah membaca di Majalah Kiblat.
A: Jadi sudah jelas, bahwa orang-orang di negeri yang beragama Kristen lalu berpindah menjadi pemeluk Islam disebabkan dari hasil penelitiannya tentang kebenaran ajaran-ajaran Islam, umumnya orang-orang yang di negeri barat kalau melakukan sesuatu penelitian dan penyelidikan menggunakan kecerdasan otaknya secara ilmiah. Mereka menjadi penganut Islam dengan kesadaran dan keyakinannya.
B: saya menerima keterangan Bapak.
A: Sedangkan orang-orang Islam di Indonesia yang berpindah agama menjadi pemeluk agama Kristen umumnya bukan dari hasil penyelidikan dan penelitiannya yang tentunya bukan di atas dasar kesadaran dan keyakinannya, melainkan karena perut lapar, karena hidupnya yang Senin Kamis, butuh makan, uang, pakaian, maupun obat-obatan. Dengan keterangan saya ini Saudara bia bandingkan sendiri sebab musababnya orang-orang Kristen di negeri Barat yang masuk Islam dan orang-orang Islam di Indonesia yang masuk agama Kristen.
B: Tetapi tentu ada juga orang-orang Indonesia yang tidak miskin masuk agama Kristen.
A: Tetapi tentu itu umumnya bukan berasal dari penganut agama Islam, mungkin dari agama yang lain lagi. Jadi masih ada yang akan ditanyakan lagi.
B: Ya, sedikit, besok malam saja. Sekarang sudah jauh malam.
A: Baiklah, besok malam, agar lebih sempurna.

7. Dialog Muslim – Kristen (Malam Ketujuh)

MALAM KETUJUH

Bahasan :
Mengakui Nabi Muhammad SAW Utusan Allah, Terang yang Menyebutkan bahwa Yesus adalah Anak Manusia, Bukan Anak Tuhan, Kesaksian

Mengakui Nabi Muhammad SAW Utusan Allah
A: Sesudah saya terangkan pada Saudara tentang ayat-ayat Al Qur’an yang menerangkan tentang proses asal kejadian manusia yang Saudara tanyakan ayat-ayatnya kemarin malam itu, apakah terdapat pertentangan? Apakah Nabi Muhammad ada kekeliruan menyampaikan sebagaimana Saudara sangka semula?
B: Tidak ada, Bapak telah menerangkan dari segi Ilmiah yang seharusnya secara jujur saya mempercayainya.
A: Jadi Nabi Muhammad benar, tidak kelirukah penyampaiannya?
B: Tidak keliru, malah benar.
A: Jadi Saudara mengakui bahwa Nabi Muhammad benar sebagai Rasul Allah?
B: Saya mengakui, karena beliau benar.
A: Terima kasih, saudara-saudara yang hadir menyaksikan sendiri pengakuan Saudara Antonius sendiri atas kerasulan Nabi Muhammad SAW, tanpa paksaan, melainkan dengan kesadarannya sendiri setelah berlangsung dengan diskusi. Betulkah Saudara mengakui kerasulan Nabi Muhammad dan mengakui Nabi Muhammad itu utusan Allah?
B: Betul, dengan saksi Tuhan saya mengakuinya.
A: Alhamdulillah, Saudara Antonius sudah 50 % Islam. Saya katakan 50% Islam oleh karena hanya mengerti dan mempercayai atas kerasulan Nabi Muhammad, jadi masih tinggal 50% lagi, oleh karena Saudara belum meyakinkan atas ke-Esa-an Tuhan yang Maha Tunggal .
B: Ya, betul begitu. Keyakinan saya terhadap Trinitas (Tuhan Bapak, Tuhan Anak dan Ruhul Kudus) masih belum lenyap sama sekali, walaupun Bapak telah menerangkan Kitab Bibel yang tak dapat saya membantahnya. Akan tetapi dengan keterangan-keterangan Bapak saya mulai ragu-ragu terhadap Trinitas itu. Sungguhpun begitu, apakah Bapak masih bersedia lagi memberikan keterangan-keterangan (alasan-alasan) dalam Kitab Bibel yang menyebutkan bahwa Yesus itu bukan Tuhan?
A: Sebetulnya pada pertemuan kita yang pertama telah saya sebutkan berdasarkan Kitab Injil sendiri bahwa Yesus bukan Tuhan seperti telah Saudara Periksa sendiri dalam Matius pasal 1 ayat 16; Markus pasal 13 ayat 32; Ulangan pasal 4 ayat 33; Ulangan pasal 6 ayat 4; Markus pasal 12 ayat 29. Kesemuanya itu telah kita baca. Tetapi demi untuk memenuhi pengharapan Saudara agar lebih meyakinkan, saya lanjutkan lagi. Silahkan baca Lukas pasal 4 ayat 1 dan 2.
B: Baik, di sini disebutkan: “Maka Yesus pun penuhlah dengan Rohul Kudus, balik dari Yarden, lalu Roh itu membawa dia ke padang belantara. Empat puluh hari lamanya dicobai Iblis. Selama itu suatu apa pun tiada dimakannya. Setelah genap hari itu ia merasa lapar.
A: Di ayat ini menyebutkan bahwa Rohul Kudus membawa Yesus ke padang belantara. Kalau Yesus itu Tuhan, mustahil akan dapat dibawa oleh siapa pun juga. Di ayat ini menyebutkan bahwa Yesus dicobai oleh Iblis. Pantaskah Tuhan dicobai oleh Iblis atau wajarkah Iblis berani mencobai Tuhan? Di ayat ini pun ada menyebutkan bahwa Yesus merasa lapar. Wajarkah Tuhan itu lapar? Kalau begitu sifat-sifat Yesus itu sama saja dengan sifat manusia biasa; bisa dibawa, bisa dicobai iblis dan merasa lapar. Periksa lagi Matius pasal 4 ayat 5.
B: Baik, di situ menyebutkan: “Kemudian daripada itu Iblis itu pun membawa Yesus ke negeri suci, lalu ditaruhnya dia di atas bumbung bait Allah”.
A: Di ayat ini ada menyebutkan bahwa Yesus dibawa oleh Iblis. Pantaskah Tuhan dibawa oleh Iblis? Wajarkah Tuhan tunduk kepada kemauan Iblis sehingga dibawa kemana-mana, ke suatu tempat? Pantaskah Iblis begitu berani kepada Tuhan? Periksa lagi Matius pasal 27 ayat 1 dan 2.
B: Baik, di situ menyebutkan: “Setelah hari siang, maka segala kepala Imam dan orang tua-tua kaum pun berundinglah atas hal Yesus supaya dibunuhkan dia. Maka diikatnya dia serta dibawa pergi, lalu diserahkan kepada Pilatus, yaitu wakil pemerintah”.
A: Di ayat ini menyebutkan bahwa Yesus diikat; pantaskah Tuhan dapat diikat oleh manusia? Kalau begitu dimanakah kekuatan Tuhan, sehingga dengan rela menyerahkan dirinya kepada manusia? Periksa lagi Lukas pasal 2 ayat 21.
B: Baik, di situ menyebutkan: “Apabila genap delapan hari, ia bersunat, lalu disebut namanya Yesus … ”
A: Wajarkah Tuhan itu disunat? Perlu apakah Tuhan itu disunat?
Terang yang Menyebutkan bahwa Yesus adalah Anak Manusia, Bukan Anak Tuhan
B: Apakah ada keterangan yang lebih tegas bahwa Yesus itu benar-benar anak manusia bukan anak Tuhan?
A: Silahkan buka Matius pasal 26 ayat 2.
B: Baik, disitu menyebutkan bahwa: “Anak manusia akan diserahkan supaya disalibkan.”
A: Yang dimaksud anak manusia di situ Yesus. Jadi jelaslah bahwa Yesus itu bukan anak Tuhan, melainkan anak manusia. Silahkan periksa di Matius pasal 5 ayat 45.
B: Baik, di situ menyebutkan bahwa: “Supaya kamu menjadi anak Bapamu … dan seterusnya.”
A: Di sini menyebutkan bahwa orang-orang yang taat kepada Tuhan, menurut Yesus akan menjadi anak Tuhan. Jadi bukan saya yang mengatakan bahwa Yesus itu bukan anak Tuhan yang Tunggal, melainkan anak-anak Tuhan itu akan bertambah lagi jumlahnya, berdasarkan Kitab Bibel sendiri di Matius pasal 5 ayat 45 yang kita baca tadi ialah: “Supaya kamu menjadi anak-anak Bapamu … ” Silahkan buka Matius pasal 7 ayat 21.
B: Di situ menyebutkan: “Bukannya tiap-tiap orang yang menyeru aku: Tuhan, Tuhan, akan masuk ke dalam kerajaan sorga, hanyalah orang-orang yang melakukan kehendak Bapaku yang di sorga.”
A: Di Bibel sendiri jelas, bahwa Yesus menyangkal malah menolak kepada orang yang menyerukan: “Tuhan, Tuhan” kepadanya, malah orang itu tidak dapat masuk ke dalam kerajaan sorga. Apakah belum cukup bukti-bukti yang telah saya tunjukkan kepada Saudara?
B: Sudah Cukup. Terima kasih; tetapi kalau masih ada, saya minta, demi kepuasan saya.
A: Minta yang mana lagi yang Saudara maksudkan?
B: Yang menyebutkan di Kitab Injil bahwa Yesus anak manusia bukan “anak Tuhan”.
A: Baik, akan saya penuhi harapan Saudara, silahkan Saudara periksa di Matius pasal 16 ayat 27.
B: Di pasal dan ayat ini ada menyebutkan: “Karena anak manusia datang dengan kemuliaan Bapanya beserta dengan malaikatnya; pada masa itu Ia akan membalas kepada tiap-tiap orang menurut perbuatannya”.
A: Di ayat ini ada menyebutkan anak manusia, menurut tafsiran Saudara, siapakah yang dimaksudkan dengan anak manusia di ayat ini?
B: Ya, tentu Yesus.
A: Jadi di Kitab Injil sendiri ada menyebutkan bahwa Yesus itu adalah “anak manusia”; bukan anak Tuhan, betulkah atau tidak?
B: Ya, betul.
A: Nah, kalau betul, mengapa Saudara menyebutkan Yesus anak Tuhan?
B: Yesus itu Tuhan tapi diserupakan dengan manusia.
A: Kalau Yesus itu Tuhan, mengapa diperanakkan oleh manusia (Maria). Yesus berupa manusia karena diperanakkan oleh manusia (Maria). Terlalu janggal kalau manusia (Maria) memperanakkan Tuhan. Bisakah ilmu pengetahuan lahir maupun ilmu pengetahuan bathin (Kerohanian) menerima bahwa ada Tuhan yang diperanakkan oleh manusia? Bisakah ilmu pengetahuan exact maupun yang abstract (Exact abstract Wetenschap) menerimanya?
B: Ya, memang mustahil ada Tuhan yang diperanakkan oleh manusia.
A: Bukan itu saja, malah di Kitab Injil Saudara Yesus sendiri yang berkata bahwa ia bukan anak Tuhan, melainkan utusan Tuhan. Sebagaimana telah saya tunjukkan ayatnya pada pertemuan kita yang lalu.
B: Betul, telah Bapak sebutkan. Tetapi saya minta diulangi lagi ayatnya, oleh karena saya agak lupa susunannya.
A: Silahkan periksa di Yahya pasal 5 ayat 30.
B: Di pasal dan ayat ini menyebutkan: “Suatupun tiada aku dapat berbuat menurut kehendak sendiri, melainkan aku menjalankan hukum sebagaimana aku dengar, dan hukuman itu adil adanya; karenanya bukannya aku mencari kehendak diriku, melainkan kehendak Dia yang menyuruhkan aku”.
A: Ayat ini tegas sekali, jelas menunjukkan bahwa Yesus sendiri mengaku bahwa ia bukan Tuhan, melainkan pesuruh Tuhan. Di ayat ini Yesus memberitahukan bahwa ia tidak berbuat menurut kehendak Tuhan, maka wajarkah Tuhan tidak dapat berbuat sekehendaknya, dan pantaskah ada Tuhan disuruh (diutus) menjadi utusan?
B: Ya, saya mengaku; Yesus sendiri mengaku bukan anak Tuhan.
A: Demi kepuasan Saudara, silahkan periksa lagi di Yahya pasal 3 ayat 13.
B: Baik, di pasal dan ayat ini menyebutkan: “Seorang pun tidak naik ke surga, kecuali Ia yang sudah turun dari surga, yaitu anak manusia”.
A: Berdasarkan ayat-ayat Bibel yang saya tunjukkan dan Saudara sendiri yang memeriksa dan membacanya itu, maka sekali lagi saya bertanya: “Anak manusiakah Yesus itu atau anak Tuhan”?
B: Ya, berdasarkan ayat-ayat tersebut saya berkata: “Yesus adalah anak manusia”.
A: Di ayat yang Saudara baca tapi, Matius pasal 16 ayat 27, selain menyebutkan bahwa Yesus itu anak manusia, juga menyebutkan bahwa akan membalas tiap-tiap orang menurut perbuatannya. Betulkah begitu? silahkan periksa kembali.
B: Ya, betul di ayat itu ada menyebutkan.
A: Menurut susunan ayat tersebut, jelas: “Menolak adanya dosa waris” berdasarkan ayat tersebut setiap orang akan dibalas menurut perbuatannya masing-masing, jadi tidak ada penebus dosa.
B: Ya, tentang dosa waris telah selesai kita bicarakan dan memang saya telah mengakui “tidak ada dosa waris”.
A: Betul, sudah kita bicarakan, saya hanya menambah saja, untuk lebih menguatkan lagi keterangan yang lalu.
B: Sudah cukup jelas keterangan Bapak.
A: Jelas bagaimana?
B: Berdasarkan ayat-ayat Injil sendiri bahwa Yesus itu bukan anak tuhan melainkan anak manusia. Dan berdasarkan Kitab Injil menyebutkan bahwa Yesus sendiri mengakui ia bukan anak Tuhan, melainkan “pesuruh (Utusan) Tuhan”.
A: Syukurlah kalau begitu. Jadi bagaimanakah kepercayaan Saudara sekarang terhadap “Trinitas” (Tuhan Bapa, Tuhan Anak dan Ruhul Kudus)?
B: Dengan sendirinya kepercayaan saya terhadap Trinitas terhapus.
A: Alhamdulillah, jadi Saudara mengakui bahwa Tuhan itu TUNGGAL?
B: Sebelum itu saya ingin menyampaikan pertanyaan.
A: Baik, tetapi Saudara telah mengakui pada pertemuan yang lalu dan saudara-saudara yang hadir juga telah ikut menyaksikan bahwa: Pertama, Saudara telah membenarkan kitab Al Qur’an. Beberapa ayat Al Qur’an yang Saudara kemukakan yang pada mulanya oleh Saudara dianggap berselisih antara satu ayat dengan ayat yang lain, setelah saya terangkan dan saya tafsirkan, lalu Saudara akui bahwa ayat-ayat tersebut pada hakikatnya tidak ada perselisihan antara yang satu dengan yang lain. Bukankah begitu pengakuan Saudara?
B: Ya, betul begitu.
A: Kedua, Pada pertemuan yang lalu Saudara telah mengakui kebenaran Nabi Muhammad SAW selaku Utusan Tuhan, betulkah demikian?
B: Ya, betul saya telah mengakuinya.
A: Ketiga, Saudara telah membenarkan bahwa ayat-ayat di Kitab Injil (Bibel) terdapat beberapa ayat yang berselisih antara yang satu dengan yang lain. Sebagaimana telah saya tunjukkan ayat-ayatnya pada pertemuan yang lalu, benarkah pengakuan Saudara itu?
B: Ya, saya mengakui. Akan tetapi saya masih memerlukan bukti-bukti yang lain tentang ayat-ayat Injil yang ada perselisihannya antara yang satu dengan yang lain, demi kepuasan bagi saya, walaupun sebenarnya keterangan Bapak saya pandang cukup memuaskan. Tetapi mungkin ada lagi ayat-ayat yang lain untuk meresapnya ke perasaan saya.
A: Baiklah, saya penuhi pengharapan Saudara, silahkan Saudara periksa kitab Yahya pasal 8 ayat 14.
B: Baik, di pasal dan ayat ini menyebutkan: “Jikalau Aku menyaksikan dari hal diriku sendiripun, benar juga kesaksian itu”.
Kesaksian
A: Silahkan periksa lagi Yahya 5 ayat 31.
B: Baik, di pasal dan ayat ini menyebutkan: “Jikalau Aku menyaksikan dari hal diriku, maka kesaksianku tidak benar”.
A: Nah, Saudara membuktikan sendiri perselisihan di dua ayat ini. Di satu ayat menyebutkan: “Kesaksianku benar”, sedangkan di ayat lain menyebutkan “Kesaksianku tidak benar”. Dua ayat yang berselisih itu, tersebut di kitab suci. Dan yang berbicara adalah seorang. Manakah yang benar antara dua ayat ini? Wajarkah di dalam kitab suci mengandung ayat-ayat yang berlawanan antara yang satu dengan yang lain?
B: Ya, saya akui memang tidak cocok.
A: Bukan saja tidak cocok, tetapi adalah satu selisih yang menyolok.
B: Tetapi mungkin salah satu dari ayat tersebut salah cetak.
A: Sekiranya salah cetak, tentunya ada ralat; tetapi di kitab ini tidak disebutkan apa-apa.
B: Bibel ini berbahasa Indonesia, permisi sebentar, saya akan memeriksa Bibel yang berbahasa Inggris.
A: Itu lebih baik, sayakah yang akan memeriksa ataukah Saudara?
B: Oleh karena Bapak banyak hafal ayat-ayat Bibel maka saya serahkan agar Bapak saja memeriksanya, sepaya lebih cepat.
A: Baiklah; harap Saudara memperhatikan juga saudara-saudara yang hadir, kitab yang saya pegang ini adalah Bibel berbahasa Inggris ialah “The Holy Bible” “Containing the Old and New Testaments (American Bible Society)”. Saya serahkan kitab ini kepada Saudara Antonius dan saya akan menunjukkan pasal dan ayatnya untuk diteliti bersama.
B: Baik, saya terima Kitab Bibel yang berbahasa Inggris.
A: Silahkan Saudara periksa di Yahya pasal 8 ayat 14 pada halaman 104.
B: Baik, di halaman 104 kitab Yahya pasal 8 ayat 14 di sini ada menyebutkan: “THOUGH I BEAR RECORD OF MY SELF, YET MY RECORD IS TRUE”
A: Kalau susunan ayat ini kita salin ke dalam bahasa Indonesia, adalah demikian: “Jikalau aku menyaksikan dari hal diriku sendiripun, benar juga kesaksianku itu” Betulkah begitu artinya?
B: Ya, betul begitu.
A: Jadi sama artinya dengan Injil yang berbahasa Indonesia di Yahya pasal 8 ayat 14, harap Saudara cocokkan dulu.
B: Betul, artinya sama kuatnya.
A: Sekarang silahkan periksa di Yahya pasal 5 ayat 31.
B: di sini menyebutkan: “IF BEAR WITNES OF MYSELF, MY WITNES IS NOT TRUE”.
A: Ayat ini kalau kita salin ke dalam bahasa Indonesia akan demikian: “Jikalau aku menyaksikan dari hal diriku, maka kesaksianku itu tiada benar”. Betulkah begitu?
B: Ya, benar.
A: Silahkan Saudara periksa lebih teliti lagi di Kitab Bibel yang berbahasa Inggris ini. Di satu ayat menyebutkan “IS TRUE” adalah benar, sedangkan di ayat lain menyebutkan “IS NOT TRUE” adalah tidak benar.
B: Ya, memang berbeda.
A: Kalau begitu, di Injil yang berbahasa Indonesia maupun yang berbahasa Inggris tidak ada perbedaan arti dan maksudnya.
B: Betul Demikian.
A: Jadi tidak salah cetak, yang salah ialah yang mengisi kitab suci itu. Kalau betul kitab suci (Injil) itu wahyu dari Tuhan, mustahil ayat-ayatnya akan berselisih antara yang satu dengan yang lain. Jadi kitab itu telah dicampuri oleh tangan manusia.
B: Menurut pendapat saya, dua ayat itu bukan berlawanan, mungkin ayat yang satu dicabut, lalu kemudian diganti dengan ayat yang lain. Jelasnya, ayat yang satu di hapus diganti dengan ayat yang lain (yang baru). Setahu saya dalam ayat-ayat Al Qur’an terdapat apa yang disebut “Nasich dan Mansuch” ialah satu ayat terhapus hukumnya, lalu diganti dengan ayat yang lain (hukum yang baru).
A: Di dalam Al Qur’an terdapat “Nasich dan Mansuch”, ada disebutkan ayatnya, tetapi di Kitab Injil sama sekali tidak disebutkan.
B: Di manakah di dalam Al Qur’an yang menyebutkan ayat tentang Nasich dan Mansuch itu?
A: Sebetulnya sayalah yang harus bertanya kepada Saudara, oleh karena dari Saudaralah timbulnya ucapan Nasich-Mansuch itu. Akan tetapi sekalipun demikian, akan saya tunjukkan; ialah di surat Al Baqarah ayat 106. Susunan ayat itu ada ulama yang menafsirkan tentang adanya “Nasich dan Mansuch”. Sebagian lagi ada yang menafsirkan bahwa susunan ayat tersebut tidak menunjukkan adanya Nasich-Mansuch. Kalau Saudara memerlukan, akan saya terangkan tafsirnya ayat tersebut.
B: Hal itu, baiklah kita tangguhkan dulu. Tetapi sehubungan dengan dua ayat di Bibel yang tadi, saya berpendapat bukan berlawanan, melainkan satu ayat digantikan dengan ayat lain, sehingga nampaknya ada berlawanan. Bolehkah saya berikan misal?
A: Silahkan, Saudara berhak penuh berbicara dengan saya dalam pertemuan kita ini.
B: Saya sebutkan misal: Dikeluarkan suatu peraturan, setiap pengendara sepeda di waktu malam diharuskan memakai lampu. Kemudian datang lagi peraturan tidak boleh pakai lampu, karena ada peperangan misalnya. Di sini ada dua peraturan, yang pertama: “Diharuskan memakai lampu” sedang yang kedua “Dilarang”. Dua perintah itu, yang terpakai adalah yang kemudian. Demikian juga dua ayat di Bibel tadi tidak berlawanan, melainkan salah satu di antaranya sudah tidak berlaku lagi (dicabut). Ini menurut pendapat saya.
A: Baiklah, tetapi tentunya Saudara mengerti, apabila suatu peraturan yang diganti, mestinya harus diikuti penjelasan, bahwa artikel nomer sekian ayat sekian, tahun sekian dicabut, diganti dengan artikel nomer sekian dan selanjutnya. Akan tetapi dua ayat di Bibel itu, tidak ada sebutan ayat yang satu diganti, dengan lain kata dua ayat tetap berlawanan antara yang satu dengan yang lain. Tidak ada penjelasan bahwa salah satu telah dicabut, atau diganti.